• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Minggu, 09 Oktober 2016

KECANTIKAN GUNUNG PULOSARI

ASSALAMUALAIKUM WR. WB



Banten Survival kembali kembali dengan postingan hasil dari eksplorasi suatu tempat tanpa merusaknya. Kali ini dan yang paling berbeda dari sebelumnya yaitu pendakian ke Gunung Pulosari yang terletak di wilayah Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Apa yang membuat gunung ini menjadi penuh riuh disetiap akhir pekannya?, gunung ini sangat mudah diakses dari daerah Pandeglang, Serang, dan Rangkasbitung, terlebih gunung ini memiliki lokasi yang menjadi sarana wisata, dalam jalur pendakian melalui desa CIlentung ini untuk menuju puncaknya akan melewati Curug Putri, Kawah Ratu dan Puncak pada kahirnya.

Kawah Gunung Pulosari


Secara umum Gunung Pulosari di kenal sebagai lokasi wisata pendakian dan keluarga, sekedar untuk melepas penat dari kesibukan dan mencari tempat yang nyaman untuk menikmati secangkir kopi, disinal tempatnya dengan banyak warung milik warga di sepanjang jalur pendakian dari Start hingga Kawah, berbeda dengan tetangganya yang lebih dikenal dengan wisata ziarahnya yaitu Gunung Karang yang memliki beberapa lokasi ziarah dan sejarah seperti jejak Sultan Banten, dan tempat ini selalu dipadati oleh para peziarah setiap harinya terlebih akhir pekan dan perayaan hari besar Islam seperti 1 Muharram (Tahun Baru Islam/Malam 1 Suro). 

Gunung Pulosari, memiliki hewan khas yang bernama Surili yang merupakan hewan endemik di Pulau Jawa, Surili dapat ditemui di sekitar Curug Putri, selagi pagi dan sore hari pengunjung dapat mengamati pergerakan dan tingkah dari Monyet ini. Curug Putri memiliki air yang berlimpah dan juga merupakan sumber air bagi warga di desa, sepanjang jalan akan ditemui pipa air yang menuju curug hingga kawasan penduduk.

Setelah Curug Putri kita menuju kebagian atasnya yaitu Kawah Ratu, perjalan menuju kawah dapat dilalui dengan melewati tebing batu yang terdapat di sisi sebelah kanan curug, disini jalur mulai menjadi berat dengan menanjak dan melewati hutan, masih terdapat warung di jalur ini jadi jangan khawatir apabila kehabisan air atau sekedar ingin beristirahat dan menikmati sepotong gorengan. Perjalanan menuju kawah dari curug sekitar 1 jam dengan kontur jalur yang berbatu disertai dengan tanah merah, dan setelah akan sampai di Kawah dengan tanda tercium bau belerang dari jarak sekitar 300 meter dari kawah. Di kawah apabila ingin bermalam dan membawa tenda, silahkan atur posisi ternyaman untuk mendirikan tenda, dan jika tidak membawa tenda pun tidak jadi masalah, karena warung yang ada disini memiliki ruang yang besar untuk tidur.

Kawah Gunung Pulosari - Para Srikandi
Suasana Kawah Gunung Pulosari pada malam hari
foto by:  @a27sp
Apa saja fasilitas yang disediakan oleh pengelola di Kawah Gunung Pulosari?. Pertama adalah yang paling penting adalah toilet, ya toilet disini berbeda dengan kebanyakan toilet alam bebas, disini pengunjung dapat menikmati toilet seperti dirumah "JONGKOK", keren kan gunung ini. Lalu ada banyak warung milik warga, bisa dijadikan tempat berlindung dari hujan, kalau berlindung dari terpaan angin jelas tidak bisa. Kemudian Kawah, asap kawah gunung pulosari tidak berbahaya seperti di Gunung Salak, walaupun memiliki nama yang sama, tapi dengan status yang berbeda.

HOW TO GET THERE?

  • Menggunakan Bus dari Jakarta/Tangerang menuju Cilentung

Apabila kawan kawan dari Jakarta sebaiknya menuju terminal Kalideres dulu dan untuk yang dari Tangerang sama saja, dari situ bisa naik bus Asli Prima atau Murni dan apapun yang intinya jurusan Labuhan/Labuan, silahkan tidur dulu atau terserah mau apa suka-suka karena perjalanan dari Jakarta lumayan jauh, jangan lupa juga bilang sama kenek kalau mau turun di pertigaan mengger, setelah sampai mengger tidak ada angkutan yang melayani ke Cilentung selain CARTER ANGKOT/PICK UP/DLL sekitar 100.000, berkelompok lebih dari 5 orang bisa atur skor. Turun di Gapura Pendakian Gunung Pulosari, jalan kaki sekitar 20 menit, sampai.

  •  Menggunakan Kendaraan Pribadi Mobil

                 - Menggunakan MOBIL

Kalau menggunakan mobil pribadi, dari Jakarta/Tangerang masuk tol dan keluar di Serang Timur, dari situ ambil arah ke Pandeglang, patokan alun-alun Pandeglang ambil arah Labuan hingga bertemu Pertigaan Mengger, lurus terus sampai bertemu Plang dan Gapura Pendakian Gunung Pulosari.

                 - Menggunakan MOTOR

Banyak jalan yang dapat di tempuh, dari Jakarta menuju Tangerang ikuti jalan hingga bertemu Flyover Balaraja dan masih lurus terus, setelah Balaraja ini menjadi pilihan akan melewai rute yang mana, oke kita kasih pilihan menurut patokan agar lebih mudah dalam mencari jalan

  1. Jalur memutar ke selatan, lancar, kondisi jalan mulus || Balaraja - Cisoka - Adiyasa - Maja (Lebak) - Citeras - Rangkasbitung - Pandeglang - Mengger - Cilentung (Pulosari)
  2. Jalur cepat, banyak truk industri dan pasir, jalan rusak || Balaraja - Pertigaan Cikande Asem (Belok kiri) - Kareo - Kopo - Citeras - Rangkasbitung - Pandeglang - Mengger - Cilentung (Pulosari) 
  3. Jalur terjauh, jalan utama Tangerang - Merak, kondisi jalan mulus || Balaraja - Pertigaan Cikande Asem (Lurus) - Kragilan - Ciruas - Pertigaan Kalodran (Belok Kiri) - Kota Serang - KP3B (Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten) - Perempatan Palima (Belok Kiri) - Baros - Simpang PANTOS (Lurus) - Alun-alun Pandeglang - Mengger - Cilentung (Pulosari)

Dengan banyaknya fasilitas yang diberikan di tempat ini, atau bisa saya bilang Gunung Pulosari adalah cerminan dari Gunung Papandayan di Garut sana, sama-sama riuh dengan malam yang tidak hening, namun baiknya pengunjung dapat bersadar diri demi kenyamanan pengunjung yang datang pribadi atau berkelompok. Kenyamanan dan Keselamatan dalam menikmati alam bebas adalah kunci dari keberhasilan individu menemukan kenyamanan dan kesuksesan dalam meraih apa yang diberikan alam kepada kita. VISIT BANTEN, AYO BERWISATA KE BANTEN. Apabila ada kawan hijau yang ingin menikmati Banten tapi bingung mau kemana?, arahnya kemana?, kondisi terkini?, dapat menghubungi kita di:

Email            : bantensurvival@gmail.com
Twitter          : Banten Survival

Insya Allah kita akan bantu dan kalau bisa kita temenin sampe tempat tujuan, KEEP SAFETY YA

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Hubungi Kami


Alamat Basecamp

Perum Villa Balaraja, Kec. Balaraja, Tangerang, Banten, 15610

Whatsapp Banten Survival

0813 8348 2181 (Hanya Whatsapp)

Email

bantensurvival@gmail.com