• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Kamis, 06 Oktober 2016

PENDAKIAN GUNUNG GEDE

ASSALAMUALAIKUM WR. WB



          Kembali melakukan pendakian, dan kali ini ke Gunung Gede yang masuk kedalam wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Taman Nasional ini meliputi dua puncak tinggi yang ada di Jawa Barat yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Gunung Gede ataupun Pangrango merupakan wilayah pendakian favorit untuk pendaki yang berasal dari jabodetabek dan daerah lainnya dikarenakan dalam perjalanan pendakian banyak sekali spot yang bagus untuk sekedar memanjakan mata. Mengenai pendakian gunung ini terdapat 3 jalur pendakian yang resmi dan dikelola langsung oleh Balai Taman Nasional yaitu Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana, pendakian di gunung ini juga dibatasi oleh kuota dalam seharinya dan juga perlu bookinh sebelum melakukan pendakian, untuk booking dan melihat kuota perharinya bisa cek Booking Gunung Gede Pangrango

Gunung Pangrango terlihat dari Rawa Gayonggong
             Pendakian kami kali ini merupakan yang perdana menginjakan kaki di puncak gunung Jawa Barat, dan kami memutuskan untuk mendaki Gunung Gede saja tanpa Gunung Pangrango dan melalui jalur Cibodas. Di jalur pedakian ini sampai pos penyancangan merupakan jalur menuju curug cibeureum, sebelum penyancangan juga ada Rawa Gayonggong yang memiliki pemandangan indah dengan latar Pangrango.


Gunung Pangrango dari depan Kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Rawa Gayonggong dengan latar Gunung Pangrango

          Kita mulai pendakian sebenarnya dengan kondisi jalur berbatu dari pos Penyancangan, jalur terus menanjak melewati Rawa Denok I, Rawa Denok II, Kukusan I, Kukusan II dan setelah ini pendakian akan melewati jalur yang berbahaya dengan sebelah kanan jurang, ya pos Air Panas, jalur pendakian melewati arus air panas yang membelah trek, kondisi jalannya berbatu dengan aliran air dan licin, nafas juga susah karena asap yang di bawa air panas ini. Setelah melewati air panas selanjutnya akan masuk ke wilayah pos Kandang Batu dan pos Kandang Badak.  Bermalam di Kandang Badak, disini sumber air melimpah dan lokasinya yang luas. Disini pemandangan yang didapat langsung menghadap Gunung Pangrango.

Pos Kandang Badak

          Keesokan harinya, dengan suasana yang ramai kami terbangun untuk melanjutkan perjalanan menuju Puncak Gede, dari sini masih sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di puncak. Untuk diketahui, setalah Kandang Badak akan ada persimpangan yang lurus menuju Gunung Gede dan yang ke kiri menuju Gunung Pangrango, tapi tenang saja mendaki gunung ini banyak sekali plang yang menunjukan arah dari tujuan kalian. Perjalanan semakin terjal dengan kondisi jalur yang masih sama yaitu berbatu, lewat Cibodas kurang rasanya kalau tidak melewati tanjakan setan, tanjakan dengan kemiringan sekitar 65-70 derajat ini merupakan tantangan sendiri bagi pendaki dan juga lebih cepat dari pada jalur yang satunya. Berjalan dengan semangat sebelum puncak pendaki akan masuk ke dalam hutan Cantigi dan ambil kearah kiri lurus terus lumayan jauh dan sampai di Puncak Gunung Gede.
       
Tanjakan Setan, Gunung Gede
Puncak Gunung Gede
Kawah Gunung Gede



Ingin mendaki bareng kita?, Belum pernah mendaki Gunung di Banten?, atau ingin traveling ke Banten?, Hubungi kita di email Banten Survival dan juga cek terus twitter kita di @BantenSurvival.


KEEP SAFETY DAN SALAM HIJAU !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Hubungi Kami


Alamat Basecamp

Perum Villa Balaraja, Kec. Balaraja, Tangerang, Banten, 15610

Whatsapp Banten Survival

0813 8348 2181 (Hanya Whatsapp)

Email

bantensurvival@gmail.com